Keutamaan membaca tasbih

Firman Allah SWT ;

1. Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat[662], yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat Munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.

( QS. At-Taubah ; 112 )

 

 

[662] Maksudnya: melawat untuk mencari ilmu pengetahuan atau berjihad. ada pula yang menafsirkan dengan orang yang berpuasa.


2. Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap[967]: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.” 

( QS. Al Anbiya’ ; 87 )

 

 

 

[967] Yang dimaksud dengan Keadaan yang sangat gelap ialah didalam perut ikan, di dalam laut dan di malam hari. 

 

3. Bertasbih[1041] kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, ( QS. An Nur ; 36 ) 

 

[1041] Yang bertasbih ialah laki-laki yang tersebut pada ayat 37 berikut
4. Maka kalau Sekiranya Dia tidak Termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, 

( QS. AS Shaffat; 143)

 

5. Maka bersabarlah kamu, karena Sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. ( QS. Al Mu’min; 55 ) 

 

6. Supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang. ( QS. Al Fath ; 9 ) 

 

7 Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, Maka Sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri[1428].,

( QS. At-Thur ; 48 )

 

 

[1428] Maksudnya hendaklah bertasbih ketika kamu bangun dari tidur atau bangun meninggalkan majlis, atau ketika berdiri hendak shalat. 

 

8. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar). ( QS. At-Thur ; 49 ) 

 

9 Berkatalah seorang yang paling baik pikirannya di antara mereka: “Bukankah aku telah mengatakan kepadamu, hendaklah kamu bertasbih (kepada Tuhanmu)[1494]?” 

( QS. Al Qalam ; 28 )

 

[1494] Yang dimaksud bertasbih kepda Tuhan ialah mensyukuri nikmat-Nya dan tidak meniatkan sesuatu yang bertentangan denagn perintah Tuhan seperti; meniatkan tidak akan memberi fakir miskin. 

 

Bacaan Tasbih

Zikir yang utama adalah bacaan tasbih:

“Subhaanallah wal Hamdulillah walaa Ilaaha Illallah Wallaahu Akbar”.

Amalan zikir yang disukai oleh Allah dan selalu diamalkan oleh para malaikat, yaitu tak lain bacaan tasbih ini;

“Subhaanallah wal Hamdulillah walaa Ilaaha Illallah Wallaahu Akbar”.

Siapa yang membaca kalimat tasbih ini, maka Allah akan mendatangkan malaikat. Dalam hadis disebutkan, apabila kita membaca 1 kalimat tasbih, maka akan datang 70 malaikat yang akan berdoa kepada Allah untuk kita. Para malaikat itu berdoa: “Ya Allah ampunillah orang yang baca tasbih itu.” Jadi, kalimat tasbih ini sangat utama. Apabila kita membaca kalimat tasbih kedua, maka akan datang lagi 70 malaikat. Begitu seterusnya. Hingga bahkan bila kita membaca 70 kalimat tasbih, maka akan berlipat-lipat pula malaikat yang akan membantu kita dalam berdoa. Dalam sebuah hadis diceritakan, ketika Rasulullah di malam Isra’ bertemu dengan Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim As mengatakan kepada Nabi Muhammad SAW, “Sampaikan salamku kepada umatmu. Bahwa sesungguhnya di surga itu terdapat tanah yang sangat luas dan sangat lapang, harum, airnya tawar, dan tanamannya adalah Subhaanallah wal Hamdulillah walaa Ilaaha Illallah Wallaahu Akbar. Jadi, membaca kalimat tasbih itu, sangat mulia dan luar biasa sekali keutamaannya. Masih mengutip hadis, apabila kita membaca 7 kalimat tasbih itu, maka Allah akan mengganti dengan 1 menara di surga-Nya Allah. Apabila kita membaca 70 kali maka kita memiliki 10 menara di surga. Sedangkan apabila kita membaca tasbih sebanyak 100 kali, maka walaupun dosa kita seperti buih atau lautan akan tetap diampuni oleh Allah dan dijamin masuk surga. Bila rumah kita ingin selalu berkah, didatangi malaikat, maka sebanyak mungkin bacalah kalimat tasbih ini. Karena hanya dalam rumah yang berkah saja maka rezeki jadi lancar, kita pun hidup sehat wal-afiat dan keluarga menjadi tenteram pula. Zikir adalah upaya yang paling efektif untuk berhubungan dengan Allah. Sedangkan doa-doa yang kita panjatkan adalah upaya kita memohon kepada Allah agar hajat-hajat kita terkabul. Agar doa dikabulkan, sebelum berdoa harus didahului dengan berzikir kepada Allah. Karena zikir itu tak lain berisi puji-pujian kepada Allah. Barangsiapa mau berzikir, Taman Surgalah tempatnya. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dan bila kalian sedang berjalan lalu menemukan Taman Surga, hendaklah kalian bergabung.” Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan Taman Surga itu? Dijawab oleh Rasulullah SAW, “Taman Surga itu adalah orang-orang yang berkumpul lalu berzikir kepada Allah. Dan bangkitlah dengan dosa-dosa yang telah diampuni. Karena sesungguhnya, melalui zikir, segala keburukan diganti dengan pahala oleh Allah.

Semoga bermanfaat. Amin

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: