Zikir Sebagai Penenang Hati

Zikir Sebagai Penenang Hati

Zikir adalah bacaan yang biasa dibaca secara rutin setiap usai shalat fardlu atau waktu-waktu tertentu lainnya. Yang dibaca dalam zikir tersebut adalah kalimat – kalimat thoyyibah seperti istighfar, tasbih, tahmid, tahlil dan takbir atau bacaan – bacaan lain baik dibaca sendiri atau secara bersama – sama ( berjama’ah ).

Anjuran berzikir :

Firman Allah SWT:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”. ( QS. Al Baqarah ; 152).

[98] Maksudnya: aku limpahkan rahmat dan ampunan-Ku kepadamu.

Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang lalai. ( QS. Al A’raf ; 205 ).

………. dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya[620] agar kamu beruntung.

( QS. Al Anfal ; 45 ).

[620] Maksudnya Ialah: memperbanyak zikir dan doa.

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

( QS. Al Ahzab ; 41 – 42 ).

Keutamaan Zikir :

Sebenarnya kita banyak memiliki waktu untuk berzikir kepada Allah SWT. Mengingat Allah melalui ucapan, bacaan atau perkataan kita daripada mengisinya dengan memikirkan atau membayangkan sesuatu yang tidak berguna. Dengan berzikir (mengingat Allah) niscaya akan membuat hati kita menjadi tenang dan tentram.

Firman Allah SWT:

“ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. ( QS. Ar-Ra’d ; 28).

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin[1218], laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

( QS. Al Ahzab ; 35 ).

[1218] Yang dimaksud dengan Muslim di sini ialah orang-orang yang mengikuti perintah dan larangan pada lahirnya, sedang yang dimaksud dengan orang-orang mukmin di sini ialah orang yang membenarkan apa yang harus dibenarkan dengan hatinya.

Majlis Zikir serta Keutamaannya

Majlis zikir biasanya dilakukan bersama-sama secara berjama’ah, zikir semacam ini justru yang lebih utama andai bias kita lakukan, sebab sangatlah besar hikmah dan keutamaannya.

Didalam riwayat Muslim dikatakan, dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi SAW., beliau bersabda : “Sungguh  Allah mempunyai malaikat-malaikat yang mulia yang selalu berjalan mencari majlis zikir, apabila mereka mendapatkan suatu majlis  yang dipergunakan untuk berzikir, maka mereka duduk disitu dan masing-masing malaikat membentangkan sayapnya, sehingga memenuhi ruangan yang berada diantara ahli zikir dan langit dunia. Apabila ahli zikir itu telah kembali kerumah masing-masing, maka para malaikat itu naik ke langit, dan kemudian ditanya oleh Allah Azza wa Jalla padahal Allah telah mengetahui: “Dari mana kalian dating?” Para malaikat menjawab : “Kami baru saja mendatangi hamba-Mu di bumi yang membaca tasbih, takbir, tahlil tahmid dan memohon kepada-Mu.” Allah bertanya: “ Apakah yang mereka minta?” Malaikat menjawab: “ Mereka minta surga.” Allah bertanya: “Apakah mereka pernah melihat surga-Ku?” Para malaikat menjawab: ”Belum pernah.” Allah bertanya: Bagaimana jika mereka melihat surga-Ku” Para malaikat menjawab: “Mereka juga mohon diselamatkan.” Allah bertanya: “Mereka mohon diselamatkan dari apa?” Para malaikat menjawab: Dari neraka-Mu.” Allah bertanya: Apakah mereka pernah melihat neraka?” Para malaikat menjawab: “ Belum pernah.” Allah bertanya: “Bagaimana seandainya mereka pernah melihatnya?” Para malaikat menjawab: “Mereka juga memohon ampunkepada-Mu.” Allah berfirman: “Allah telah mengampuni mereka, maka Aku akan memenuhi permohonan mereka dan akan menjauhkan mereka dari apa yang mereka mohon untuk diselamatkan.” Para malaikat berkata: “Wahai Tuhan, di majlis itu ada si Fulan, seorang hamba yang banyak berdosa, ia hanya lewat kemudian ikut duduk bersama mereka.” Allah berfirman: “ Kepada Fulan pun Aku mengampuninya. Mereka semua adalah termasuk ahli zikir, dimana tidak ada seorang yang duduk disitu akan mendapatkan celaka.”

Dari Abu Hurairahra. Dari Abu Sa’id ra., keduanya berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Sekelompok orang yang duduk berzikir kepada Allah, pasti di kelilingi para malaikat, diliputi rahmat, dituruni ketenangan dan disebut-sebut Allah dikalangan makhluk yang berada disisi-Nya.

(HR. Muslim) ( Riyadlussholihin 360)

Bacaan Zikir :

1. SUBHAANALLAAH (100 kali)
arti : Maha Suci Allah
Keutamaan : Seribu hasanat (hapus seribu dosa). 

 

2. SUBHAANALLAAH WABIHAMDIHI (100 kali)
arti : Maha Suci Allah dan Maha Terpuji
Keutamaan : diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di laut. 

 

3. SUBHAANALLAAH WABIHAMDIHI SUBHAANALLAAHIL AZHIIM
arti : Maha Suci Allah dan Maha Terpuji, Maha Suci Allah dan Maha Agung
Keutamaan : berat pada timbangan amal kebaikan, disukai Allah SWT. 

 

4. SUBHAANALLAAH WALHAMDULILLAAH WALAA ILAAHA ILLALLAAH WALLAAHU AKBAR
arti : Maha Suci Allah, Segala Puji Bagi Allah, Tiada Tuhan Selain Allah dan Allah Maha Besar
Keutamaan : Ucapan yang Disukai Allah SWT daripada yang disinari matahari (Dunia) 

 

5. LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
arti : Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah.
Keutamaan : Sebagai harta simpanan di surga. 

 

6. LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKALAH LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU, WAHDAHUWA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QADIRR (100 kali Dalam 1 Hari).
arti : Tiada tuhan selain Allah Yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya, baginya kerajaan dan pujian, Dia maha kuasa atas segala sesuatu.
Keutamaan : sama seperti memerdekakan 10 budak, mendapat 100 kebaikan, minus 100 keburukan, dijaga dari syetan s/d petang hari. 

 

7. ASTAGHFIRULLAAH AL AZHIIM WA ATUUBU ILAAIHI (> 70 kali)
arti : Demi Allah, sesungguhnya aku minta ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.
Keutamaan Rasulullah bersabda: 

“Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Allah akan memberikan rizki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka.”

8. Membaca Shalawat 1 kali ( Shallallahu ‘ala Muhammad / Allhumma shalli ‘ala Muhammad )
arti : semoga Rahamat Allah senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Keutamaan : Sepuluh Kali Rahmat

Semoga bermanfaat. Amin.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: