TAQWA dan Keistimewaannya

Taqwa Yaitu memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintah-perintah-Nya; dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya; tidak cukup diartikan dengan takut saja.

Kemudian siapakah orang yang tergolong Taqwa…?

Firman Allah SWT QS. Al-Baqarah: 2-4 :

Artinya :

2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,

3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

4. Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

Kita sebagai muslim yang beriman dituntut agar benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT, kita benar-benar berupaya agar Taqwa berada diatas segala-galanya. Jadikan Taqwa sebagai kemudi, sebagai pengatur arah dalam kehidupan kita.

Firman Allah SWT QS. Ali Imran ; 102 :

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam. 

Hanya dengan taqwa kita dapat melestarikan segala persoalan, Taqwa adalah merupakan sumber dari segala-galanya, baik yang berhubungan dengan masalah ekonomi atau masalah sosial, jabatan dan lainnya bahkan sampai pada urusan keluarga pun akan dapat terselesaikan dan akan menemukan sebuah kesuksesan bila selalu berlandaskan taqwa. Sebuah rumah tangga akan menemukan ketentraman, kebahagiaan dan kesejukan bila rumah tangga tersebut didalam sehari-hari senantiasa berhiaskan iman dan taqwa. Keharmonisan rumah tangga merupakan keharmonisan sebuah negara, bila tiap-tiap rumah tangga kehidupannya harmonis maka sebuah desa akan harmonis, bila kehidupan sebuah desa harmonis  maka satu kecamatan akan ikut harmonis pula. Begitulah seterusnya hingga sebuah negara.

Firmar Allah SWT QS. Ali Imraan : 133-134 :

Artinya :

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Ada beberapa keistimewaan dari taqwa yang antara lain sbb :

  1. Mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Firmar Allah SWT QS. Al-A’raaf : 96:

Artinya :

“Andaikan Sekiranya pendu duk suatu negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”  

  1. Disenangi Allah SWT.

Firman Allah Surat Ali Imraan ; 76

Artinya :

Maka Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.2.

2. Mulia dan terhormat dalam pandangan Allah SWT.

Firman Allah Surat  QS. Al-Hujuraat; 13

Artinya :

Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

3. Beruntung baik di Dunia maupun di Akherat.

Firman Allah SWT;

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. (QS. Al-Maidah; 35)

Artinya :

…….. dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung. (QS. Al-Baqarah; 189)

4. Dapat keluar dari sebuah kesulitan dan akan mendapatkan rizqi yang yang berlimpah yang tidak disangka-sangka datangnya. Sebagaimana dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya :

Firman Allah SWT;

Artinya :

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia (Allah) akan Memberikan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangka datangnya. (QS. Ath-Thalaaq ; 2-3)

5. Dapat memudahkan segala urusan baik yang berhubungan dengan duniawi atau urusan akhirat.

Dijelaskan dalam firman Allah :

Artinya :

….dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.  (QS. Ath-Thalaaq ; 4)

6. Dapat melebur dosa dan selalu mendapatkan pahala.

Berdasarkan firman Allah

Artinya :

……dan Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia (Allah) akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya. (QS. Ath-Thalaaq ; 5)

7. Disediakan Surga dan kenikmatannya.

Firman Allah SWT;

Artinya :

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti. (QS. Ali Imraan ; 198)

8. Senantiasa dapat Rahmat,  petunjuk (Pertolongan Allah), diajuhkan dari kesalahan-kesalahan dan diampuni dosanya.

Firman Allah SWT;

Artinya :

Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan1 dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. Al-Anfal; 29)

1 Artinya: petunjuk yang dapat membedakan antara yang haq dan yang batil, dapat juga diartikan disini sebagai pertolongan.

Firman Allah SWT :

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Betapa sangat besar hikmah dari taqwa, sehingga dapat mempengaruhi pada kehidupan dan segala aktifitas kita sehari-hari, maka bila kita benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT, maka Allah senantiasa akan menurunkan keberkahan dan kebaikan-kebaikan, sehingga dalam hidup kita akan menemukan ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan yang tiada tara, urusan dunia dan urusan akhirat senantiasa akan lancar serta menemukan kesuksesan. Tapi sebaliknya bila hidup kita tidak taqwa atau ingkar kepada Allah niscaya hidup kita tidak akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan, sehinga hidup kita selalu resah dan gelisah bahkan selalu merasa tersiksa, sekalipun perolehan ekonomi dalam sehari-hari tidak sedikit namun terkadang tak akan pernah cukup, sekalipun dalam hidupnya dipenuhi dengan segala bentuk kemegahan dan kemewahan tapi terkadang tidak menemukan kedamaian, karena dalam diri kita, dalam keluarga kita tidak dihiasi dengan taqwa kepada Allah SWT. andaikan suatu ketika menemukan suatu kedamaian, itu hanya kedamaian dunia semata dan di akhirat akan merugi dan menyesal selama-lamanya.

Ingatlah wahai saudara-saudaraku bahwa kehidupan dunia ini hanyalah bersifat sementara, kita jangan sampai tertipu oleh kemegahan dan kemewahan serta gemerlapnya dunia, sehingga kita terpedaya dan lalai bahwa kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan di akhirat kelak, kehidupan yang abadi dan kekal selamanya.

Firmar Allah SWT :

Artinya :

Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan Para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu Lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS. Al-Hadid; 20)

Oleh karenanya marilah kita selalu berusaha dan mohon petunjuk kepada Allah, mudah-mudahan kita senantiasa diberi hidayah dan pertolongan oleh Allah SWT, sehingga kita selalu dapat meningkatkan taqwa kepada Allah dan pada akhirnya kita tergolong orang yang muttaqin, sukses dan selamat serta bahagia baik di dunia maupun di akhirat nanti. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: