Bupati terpilih Banyuwangi dilantik

Tepatnya pada hari Kamis 21 Oktober 2010, Bupati terpilih Banyuwangi, Jawa Timur Abdulah Aswar Anas dan wakilnya Yusuf Widiatmoko resmi dilantik oleh Gubernur, Jawa Timur Soekarwo. Sedangkan Ratna AL (mantan Bupati Red) tidak hadir dalam acara tersebut.

Proses pelantikan dijaga eksktra ketat oleh aparat Polres dan Brimob Polda Jawa Timur. Sempat muncul kabar ada aksi demo saat pelantikan. Namun, hingga akhir pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati, tak satupun massa yang menggelar aksi. Ketatnya pengamanan dirasakan hampir di seluruh lokasi pelantikan.

Pelantikan diawali dengan paripurna DPRD Banyuwangi, agendanya pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2010-2015. Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Banyuwangi Hermanto. Proses pelantikan sempat molor satu jam dari jadwal.
Sejumlah anggota DPRD juga terlihat telat mengikuti prosesi pelantikan. Belasan wakil rakyat ini justru tiba ketika pengambilan sumpah selesai digelar.

Menurut Hermanto, pasangan Abadulah Aswar Anas-Yusuf Widiatmoko meraup suara 372.149 atau sekitar 50,43 persen dalam pilkada Banyuwangi, 24 Juli lalu. Pasangan yang diusung oleh PDI-P, Golkar, PKB, PKS dan PKNU ini mengungguli dua pasangan lainnya.

“Pelantikan ini sesuai SK yang kita terima dari Menterei Dalam Negeri. Dasarnya adalah hasil pilkada,” tegas politisi PDI-P ini.

Sementara itu, tidak hadirnya mantan Bupati Banyuwangi Ratna AL menjadi pertanyaan sejumlah undangan. Di kediamannya pun juga terlihat sepi.

Pelantikan Anas yang termasuk kader muda NU ini yang hingga sampai saat dilantik ia masih menjabat sebagai Ketua DPP. GP.Ansor berlansung cukup meriah. Ribuan undangan ikut menyaksikan pengesahan pasangan dahsyat itu menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Bahkan anggota DPR RI turut hadir. Ada Efendi Choiri, Imam Nahrowi, Abu Bakar, dan beberapa tokoh besar lainnya.Dari kalangan Parpol juga nampak hadir Ketua Umum DPP PKNU Drs H. Chairul Anam, Ketua DPW PKNU Arief Junaidi, dan Ketua DPD Golkar Jatim Martono, serta beberapa fungsionaris PKS Jatim juga hadir.

Beberapa Pengurus PBNU, DPP GP. Ansor, IPNU dan IPPNU juga jauh-jauh hadir dari Jakarta untuk menyaksikan pelantikan Anas.

Sementara itu, setelah rombongan Gubernur meninggalkan Banyuwangi acara dilanjutkan Silaturrahim dengan para Alim Ulama, tokoh masyarakat, dan tokoh lintas agama dan beberapa ormas dan organisasi lainnya di Pendapa Shaba Swagata Blambangan.

Usai silaturrahim, panitia memberikan kesempatan kepada undangan untuk menyampaikan ucapan selamat . ratusan warga dari berbagai elemen masyarakat langsung berebut untuk menyalami Anas dan Yusuf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: