Makam Gus Dur Berhias Mawar Melati Merah Putih

65 Tahun Resolusi Jihad
Selasa, 26 Oktober 2010 18:00

Jombang, NU Online
Peringatan 65 tahun resolusi jihad ulama NU yang diperingati di pondok pesantren Tebuireng, Jombang membuat makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dipercantik. Makam sederhana itu ditaburi bunga mawar dan melati cukup tebal.

Bunga mawar berada diatas, sedangkan bunga melati berada dibawahnya. Praktis, nuansa merah-putih nampak jelas di makam cucu pendiri NU tersebut.

Sebelum peringatan resolusi jihad dimulai, sejumlah ulama menyempatkan diri berziarah ke makam tokoh pluralis tersebut. Selanjutnya, mereka memanjatkan doa secara khusu’.

Usai berdoa, para ulama menaburkan bunga diatas pusara mantan presiden ke-empat itu. Nampak dalam rombongan, Hj Lily Chadijah Wahid yang juga adik kandung Gus Dur sebagaimana dilansir beritajatim.com.

KH Salahudin Wahid alias Gus Solah mengatakan, acara yang digelar di Tebuireng itu untuk mengenang 65 tahun resolusi jihad di fatwakan ulama NU dibawah kepemimpinan (Alm) KH Hasyim Asyari. Berkobarnya pertempuran 10 November 1945 juga tidak lepas dari resolusi yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 tersebut.

Hanya saja, saat ini pemahaman jihad itu banyak disalah artikan. Semisal yang dilakukan oleh kelompok tertentu akhir-akhir ini. “Dengan mengatas namakan jihad mereka melakukan pengeboman. Padahal pemahaman seperti itu salah besar. Ini yang perlu kita luruskan,” kata Gus Solah menjelaskan. (mad)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: